HAPPY GO LUCKY

You Can Disagree But ...

Tulisan kali ini muncul karena di explore page instagram gue muncul satu meme politik kekinian, dan isenglah jempol ini ngeklik comment section. Chaos! Gue bingung. Kok bisa ya orang-orang ribut sebegitunya untuk membela sesosok calon gubernur yang diyakininya lebih baik daripada calon yang lain?
Iya, gue lagi ngomongin pilkada DKI yang super hot itu. 
Gue sebagai warga DKI sebenernya udah mulai bosen & capek sih sama pemberitaan dan perdebatan orang-orang. Di satu sisi gue seneng sih semakin banyak orang yang berdebat dan ngomongin politik, berarti semakin banyak orang yang peduli perpolitikan kita. Tapi di sisi lain, kebanyakan dari orang-orang ini debat pake data yang sumbernya dari postingan facebook tanpa mencari kebenarannya dulu, fokus perdebatannya gajelas, ditambah lagi dengan cara menyampaikannya pake bumbu emosi. 
Debat tuh oke banget sebenernya. Sebagai anak kuliahan ilmu politik, dosen gue sering banget ngadain debat isu-isu 'panas' di kelas. Debat itu kan tujuannya untuk mengasah sudut pandang kita dan melatih cara mempertahankan argumen kita. Debat yang oke itu menurut gue ada tempatnya, ada wadah atau forumnya, bukan di kolom komen postingan orang. Debat yang oke itu pake data yang valid, bukan cuma data broadcast messages atau dari akun-akun yang kredibilitasnya dipertanyakan. Debat yang oke itu juga bukan ngotot mutlak pendapat kita yang paling bener, kita harus denger argumen dari pihak lawan. Walaupun sekarang udah ada forum-forum politik online buat wadah debat tapi menurut gue tetep lebih oke debat langsung/tatap-muka, karena kita bisa ngeliat ekspresi, intonasi bicara orang lain lebih jelas, minimalisir salah paham.
Nah sementara yang banyak gue temuin ini ya debat yang ga keren. Debat yang tujuannya cuma mau ngejatohin pihak yang bersebrangan, pake data entah berantah dari mana sumbernya lah. Debat yang ga terima argumen dari pihak lawan. Debat yang cuma ngandelin ego. Ujung-ujungnya baper dan bubar tongkrongan. 


#88 Love Life by Diana Rikasari

Yang pengen gue bilang sih sebenernya setiap orang tuh berhak nentuin pilihan ya kan? Jadi setiap orang boleh dong milih siapapun buat jagoannya di pilkada DKI ini, asal bisa mempertanggungjawabkan pilihannya masing-masing. Boleh aja kita ngebela jagoan kita, tapi jangan berlebihan sampe sampe kita benci sama jagoan orang lain. Akhirnya bikin kita ngerasa jagoan kita yang paling 'dewa' dan jagoan orang lain cupu. Padahal kita harus akui kalo dua jagoan ini punya kelebihannya masing-masing kan. Gue ga sok netral kok disini, gue udah punya pilihan buat pilkada puteran ke-II nanti. Tapi gue gaakan maksa orang-orang atau temen-temen gue buat milih sama kaya pilihan gue nanti. Gue pikir buat apa gue maksa yang ujungnya bikin ribut dan ga nyaman lingkungan gue. Toh di bilik suara nanti gaada garansi yang bisa mastiin pilihan mereka kan?
Beda pilihan politik itu super duper okay! It's democracy.
Jadi gue suka sedih gitu kalo ngeliat orang-orang yang suka debat ngebela jagoannya sampe rela ribut sama keluarganya, rela musuhan sama temen tongkrongannya lah. Jagoan yang lo pilih itu ga lebih penting dari hubungan kalian sama orang-orang lingkungan terdekat kalian. Nyesel loh nanti. Masih banyak isu lain yang bisa didebat daripada cuma sekedar ngotot semua orang harus milih sama kaya pilihan lo, kalo beda dimusuhin. Pew!
Kalo mau dukung ya dukung aja, kenapa harus pake manjatuhkan atau menjelekan yang lain? Kalo suka ya dipilih, kalo ga suka ya pilih yang lain atau kasih kucing aja. As simply as that!

No comments:

Post a Comment

Instagram