HAPPY GO LUCKY

Happiness Is A State Of Mind

I'm one of the overthinking person alive.
Dulu gue ga sadar kalo gue termasuk orang yang overthinking toward something. Gue pikir ya wajar-wajar aja kepikiran akan sesuatu gitu. Saking overthinking-nya, gue sampe pernah masuk rumah sakit gara-gara 'mikir'. Oke agak berlebihan tapi ini nyata.

Suatu hari gue buka puasa bareng sama temen-temen gue makan nasi goreng di suatu kedai gitu. Setelah abis satu piring tiba-tiba perut gue mulai kerasa mual, end up with throw-up all over nasi goreng. Long short story, malem-malem gue diare, demam, dan sesak nafas. Seumur hidup baru kali itu ngerasain namanya sesak nafas, ternyata nyiksa ya. Bodohnya karena panik, gue malah nangis yang makin bikin gabisa nafas. Trs malem itu juga gue ke rumah sakit dianterin temen-temen gue, masuk IGD. Itu gue masuk ruang IGD jam 23.00. 
Waktu ditanya keluhan apa, gue ceritain semua yang gue rasain dan awal mula sakitnya. Oke diagnosa awal dokter keracunan makanan. Tapi gue bingung kalo keracunan kok temen-temen gue yang makan nasi goreng bareng pada sehat-sehat aja ya? Selama di rumah sakit gue udah ga bolak-balik ke toilet, perut gue udah ga kerasa mual dan mules lagi. Tapi pusing dan sesak nafas masih berlanjut. Karena sesak nafas yang makin parah itu, gue mulai ngeluarin air mata lagi. Apalagi waktu si suster nanya, "Mbak ada keluarga yang bisa dihubungi?" Gue geleng-geleng, karena emang posisi gue sebagai anak rantau yang jauh dari orang tua dan lagian ini tengah malem bolong pasti mereka lagi tidur. Sebelumnya gue udah coba nelfon orangtua gue tapi ga diangkat. Makin sedih dong gue. 
Akhirnya si suster makein gue selang oksigen buat ngebantu nafas gue. Lumayan enakan lah. Selang beberapa jam dada gue sakit yang bikin nafas gue berantakan lagi. Si suster nawarin buat periksa jantung gue. Ini bener-bener pengalaman pertama gue nafas pake tabung oksigen dan rekam jantung. Hasil rekam jantung keluar setengah jam kemudian, dan jantung gue baik-baik aja. Gaada masalah. Tapi gue tetep disuntikin beberapa obat yang bikin gue lumayan ngantuk.
Eh si suster tiba-tiba semangat wawancarai gue dengan pertanyaan yang menurut gue agak absurd.
"Mbak lagi berantem sama pacarnya ya?" 
What..... Gaada juntrungannya tiba-tiba dia nanya gitu kan bingung ya, gue geleng-geleng dong. Belom puas dengan jawaban gue, si suster nanya lagi, 
"Mbak lagi ada masalah besar ya? Cerita aja sama saya mbak gapapa kok" 
Gue makin bingung sama si suster. Antara dia prihatin ngeliat kondisi gue atau lagi kepo. Gue jawab sambil coba ngatur nafas, "Engga juga sus, kenapa emangnya?" 
Si suster bilang "Soalnya mbak masih muda dan jantungnya sehat, hasil pemeriksaan keseluruhan juga baik-baik aja. Jadi mungkin ini semua sakit yang dirasain ini dari pikiran mbak sendiri. Mungkin mbak lagi banyak pikiran atau stress."
Denger jawaban si suster, gue jadi flashback ke beberapa hari lalu ada kejadian apa sih yang bikin gue kepikiran gini. Beberapa hari yang lalu judul skripsi gue ditolak dosen. Kayanya sih gara-gara itu deh tapi masa bikin sampe segininya sih? Lemah banget. Akhirnya gue dibiarin tidur sampe pagi hari. Jam 06.00 dokter ngebolehin gue pulang karena gue dirasa udah sehat. 
Si dokter pun ngasih wejangan yang sama sebelum gue pulang, "Kamu boleh pulang sekarang, tapi ga saya kasih obat apa-apa ya. Yang penting kamu banyak istirahat dan jangan terlalu banyak pikiran. Semalem otot dada kamu kram makanya sesak nafas, kram itu bisa muncul karena pikiran. Penyakit yang paling berbahaya di tubuh kita ini semuanya muncul dari otak, dari pikiran kita. Jadi sebisa mungkin hindari stress, pikiran numpuk, supaya ga menyebabkan sakit fisik."


Setelah kejadian itu, sebisa mungkin gue menghindari mikir terlalu keras. Bukan berarti gue ga berfikir tapi gue mengurangi mikirin hal-hal yang ga seharusnya gue pikirin atau gue takutin sebegitunya. Akhirnya gue sadar, ngapain juga gue mikir-mikir-mikir doang tanpa gue ngelakuin sesuatu yang berarti. Mikirin hal-hal yang ga perlu kita pikirin justru makin ngebuat unnecessary pressure buat diri kita sendiri, yang bisa berujung sakit lah, stres lah, sedih lah, dan lain-lain yang ga enak. Mungkin kita bisa pura-pura santai tapi tubuh kita pasti akan menunjukkan reaksi kalau kita stres dan terlalu banyak mikir. Santai sedikit lah. Ga perlu terlalu nge-push diri terlalu keras untuk ngelakuin sesuatu. Kasih waktu buat diri sendiri yang bikin  happy itu penting sih, masing-masing orang punya cara sendiri buat bikin dirinya happy. Kalo kita sakit justru lebih gaenak buat mikir. Kalo kita sakit jadi lebih susah ngejar target-target yang lain.
Your body is the biggest investment you can make
Jadi selalu jagalah pikiranmu, berpikirlah yang baik-baik, berpikir positif. Kedengerannya emang klise dan pasti udah sering banget denger kalimat itu, tapi ternyata emang pikiran kita berpengaruh penting banget buat seluruh aspek kehidupan kita.

Happiness is a state of mind. It's just according to the way you look at things.
Walt Disney 

No comments:

Post a Comment

Instagram