HAPPY GO LUCKY

Bukit Jaddih, Salju di Madura


Bukit Jaddih ini lokasinya di Bangkalan, Madura. Nama daerahnya Parseh Socah. Butuh waktu sekitar 30-45 menit dari turun Jembatan Suramadu untuk sampai ke Bukit Jaddih ini. Untuk rute menuju lokasi ini udah bisa dicari lewat google maps pake keyword "Jaddih" ya. Jalanan ke lokasi ini juga relatif sepi dan bagus kok, semua akses kesana udah beraspal. Cuma jalanannya ga begitu lebar, kalau papasan sama kendaraan lain harus agak pelan. Sepanjang perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan sawah dan rumah-rumah warga. Ada Pak Tani yang masih ngebajak sawahnya pake kerbau, ada adik-adik pulang sekolah naik motor. Iya, anak SD disana udah pada nyetir motor ke sekolah loh (jangan ditiru ya).

Lokasi wisata ini sebenernya  lokasi penambangan batu kapur warga setempat tapi karena keindahan tempat dan kealamiannya justru menarik buat dikunjungi. Bukit Jaddih ini menurut gue sih cocok buat yang suka wisata foto ala-ala instagram gitu. Waktu gue kesana ada juga yang lagi pra-wedding photo. Tapi sampai sekarang Bukit Jaddih ini masih jadi lokasi penambangan batu kapur yang aktif. Jadi jangan kaget kalau dateng kesana terus banyak truk-truk yang mondar-mandir, bahkan ada eskavator juga. Hati-hati ya kalian kalau disana karena aktivitas penambangan batu kapur yang masih aktif, beberapa kali batu kapur dari atas bukit runtuh karna proses penggalian. Jadi walaupun asik foto-foto harus tetap waspada yah!

Di area Bukit Jaddih ada beberapa pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungin. Ada kolam renang Goa Pote, Danau Hijau, dan Gua Jepang. Kebetulan waktu gue kesana beberapa waktu yang lalu gue cuma sempet ke Danau Hijau. Goa Pote dan Gua Jepangnya cuma liat dari mobil aja karena panas banget. Masing-masing lokasi punya tarif beda-beda. Untuk ke Danau Hijau kita bakal dikenai tarif tiket masuk Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor, per orang dikenai lagi tarif Rp 3.000. Ada pos-pos yang dijaga warga setempat untuk menarik retribusi itu. Disediakan juga tempat parkir, jadi ga sembarangan parkir disana.

Begitu sampai di parkiran, gue excited pengen liat Danau Hijau yang hype itu. Tapi begitu turun dari mobil........NYESSSSSS! anget-anget-anget panasssss cuy



Kita harus turun beberapa anak tangga untuk sampai ke Danau Hijau ini dari lokasi parkir. Gue sempet kaget-takjub-kagum sih ngeliat pemandangan di depan mata ini. Soalnya kita dikelilingi bukit-bukit kapur yang tinggi-putih-cantik, di depan kita ada air warna hijau turkish yang luas, dan ada suara-suara mesin penambang di sekelilingnya yang bikin unik. Waktu gue di sana, lumayan banyak anak kecil yang lagi nyebur-nyebur lucu di pinggiran danau gitu. Gue gatau sih air disana seberapa dalem dan mengandung apa, tapi waktu gue cobain pegang airnya ya kaya air kolam biasa aja. Dan lumayan dingin airnya padahal matahari lagi terik parah. Setelah gue cari tau, ternyata air hijau turkish itu mata air alami yang muncul karena galian tambang yang cukup dalem selama ini, jadi kayanya sih ga berbahaya ya.

Di Danau Hijau itu juga ada orang-orang yang nyewain perahu-perahu kecil dan sejenis getek gitu buat foto-foto. Jadi kita bisa ngedayung sendiri perahunya buat keliling-keliling danau. 



Yang terkenang banget dari perjalanan kali ini sih panasnya Madura. Walaupun kelihatannya dikelilingin tebing-tebing seputih salju tapi sebenernya panasnya mendidih. Mitos yang sering gue denger sih kalo di Bukit Jaddih, telur mentah aja langsung mateng saking panasnya. Oke berlebihan. Suhu disana sih sebenernya wajar aja 30 derajat celcius tapi gatau kenapa ya menurut gue panasnya nyelekit di kulit. Ya emang sih gue nyampe disana pas jam 12 siang teng, matahari lagi menari-nari riang di atas ubun-ubun. Jadi gue saranin buat kalian kalau mau ke Bukit Jaddih itu pagi atau sore hari aja, karena mereka buka dari jam 08.00 - 17.00 waktu setempat. Berdasarkan pengalaman kemaren kesana sih, gue saranin juga untuk kalian buat bawa:

  • Sunglass. Susah melek cuy, silau dari segala arah. Ntar malah jelek yakan kalo pas di foto merem-merem terus karna silau.
  • Payung atau topi. Untuk ngelindungi kepala kalian dari panas matahari. Gamau kan pulang dari sana terus kalian pusing karena kepanasan.
  • Pake sunscreen. Supaya kulit kalian tida belang, tida terbakar, dan terlindungi dari sinar matahari yang nyelekit. Kemaren gue udah pake sunscreen pun masih belang & terbakar, apalagi kalo gapake sunscreen sama sekali
  • Masker. Mungkin beberapa dari kalian ada yang alergi debu, bawa masker penting banget. Debu-debu yang muncul dari proses penambangan/pengeboran bukit kapur itu lumayan ganggu, belum lagi debu dari roda kendaraan yang lalu-lalang di bukit kapur itu.

Mungkin terkesan lebay atau manja ya, kok sama panas aja segitu takutnya. Emang sepanas itu ya? Kalian coba rasain sendiri dulu deh panas disini gimana rasanya, ibarat matahari ada tujuh sih. Gue salut banget sama bapak-bapak pekerja tambang yang kerja disini setiap harinya. Gaada salahnya juga kan untuk selalu berjaga-jaga bawa keperluan yang melindungi kita. Tapi jangan khawatir, di sekitar area Danau Hijau ada tenda yang jualan minuman dan makanan ringan, ya lumayan buat ngadem. Dan disediakan toilet juga, cuma toilet ala kadarnya dan ada bau kurang enak yang menyengat gitu deh. 


Selain area Danau Hijau itu sebenernya kita bisa aja hunting foto dimana aja, asal ga ngeganggu aktivitas bapak-bapak pekerja yang lagi menambang. Kita bisa naik ke puncak bukit kapur atau mengeksplor di sekitaran area gerbang masuk kawasan Bukit Jaddih. Asal tetap berhati-hati dan waspada sama keadaan sekitar ya. 

Abis dari Bukit Jaddih, paling enak kalo makan Bebek Sinjay yang legendaris itu + es teh manis!! Dari Bukit Jaddih ke Bebek Sinjay lumayan deket kok, kira-kira 20 menit perjalanan. Siap-siap antri ya, soalnya tempat makan ini ga pernah sepi tiap harinya. 

No comments:

Post a Comment

Instagram